Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung

Penyakit jantung disinyalir atau dikenal sebagai penyakit orang kaya atau hanya kalangan ekonomi menengah keatas yang sering mengalami penyakit demikian. Namun anggapan tersebut tidak selalu benar, siapapun berisiko terhadap serangan penyakit jantung ini.

Penyakit jantung memiliki beberapa jenis penyakit jantung yang dikenal dalam dunia medis, diantaranya adalah :

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner ini merupakan jenis penyakit yang paling sering dan umum diderita oleh banyak orang di belahan dunia, akibat gaya hidup yang salah dan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Penyakit jantung koroner ini disebabkan oleh adanya timbunan lemak pada pembuluh darah arteri di sekitar jantung yang membentuk plak . Pembuluh arteri koroner merupakan media untuk mensuplai darah ke otot-otot jantung. Hal ini disebut dengan arteriosklerosis. Hal yang paling fatal adalah apabila timbunan lemak yang membentuk plak terus dibiarkan akan mengakibatkan perkembangan dan jumlah lemak serta timbunan plak semakin banyak dan dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang tentunya hal ini mengakibatkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot-otot jantung.

2. Penyakit jantung cacat kongenital atau penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan paling banyak dialami oleh bayi yang baru dilahirkan atau beberapa bulan setelah bayi dilahirkan. Kelainan jantung yang dialami sejak bayi banyak ditemukan adanya lubang kecil (kebocoran jantung).

Penyakit jantung bawaan ini diakibatkan oleh faktor keturunan (ggenetika), infeksi virus tertentu padabayi dan penggunaan obat-obatan kimia tertentu ketika ibu dalam masa kehamilan yang kemudian memberi efek buruk terhadap janin dan perkembangan serta pertumbuhan bayi. Bayi yang mengalami penyakit jantung bawaan ini mudah dikenali dengan adanya gejala pada permukaan kulit bayi terdapat warna kebiru-biruan di bagian-bagian tertentu, akibat sel-sel di bawah kulit tersebut kekurangan oksigen.

3. Kesalahan fungsi katup jantung

Kesalahan fungsi katup jantung ini terjadi akibat tidak berfungsinya katup-katup jantung dengan baik. Sehingga menyebabkan kerja dari memompa darah keluar dari jantung dan kembalinya darah ke jantung akan terganggu. Umumnya kesalahan fungsi katup jantung ini terjadi pada mereka yang berusia lanjut yang dapat dipicu dari berbagai faktor penyebab seperti infeksi jaringan penghubung, hipertensi, rematik, dan proses penuaan.

4. Aritmia

Aritmia merupakan gangguan pada jantung yang ditandai dengan tidak normalnya irama detak jantung. Aritmia akan tampak lebih buruk apabila terjadi aritmia pada ventricle dapat mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah.

Beberapa orang yang mengalami gejala aritmia dapat dilakukan dengan terapi obat-obatan. Adapun jenis obat-obatan yang disarankan untuk penderita aritmia antara lain adalah digitalis, propanolol, dan disopyramide.

5. Gagal jantung

Gagal jantung merupakan kondisi tidak berfungsinya jantung, yakni ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dengan volume yang sesuai seperti yang diperlukan oleh tubuh. Mereka yang mengalami penyakit gagal jantung ini umumnya akan merasakan beberapa gejala seperti kesulitan bernapas, pembengkakan hati dan sendi


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Sakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>