Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung

Banyak Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung disinyalir atau dikenal sebagai penyakit orang kaya atau hanya kalangan ekonomi menengah keatas yang sering mengalami penyakit demikian. Namun anggapan tersebut tidak selalu benar, siapapun berisiko terhadap serangan penyakit jantung ini.

Jenis - Jenis Gangguan Penyakit Jantung

Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung

Penyakit jantung memiliki beberapa Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung yang dikenal dalam dunia medis, diantaranya adalah :

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner ini merupakan jenis penyakit yang paling sering dan umum diderita oleh banyak orang di belahan dunia, akibat gaya hidup yang salah dan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Penyakit jantung koroner adalah penyempitan yang terjadi dalam pembuluh darah kecil yang memasok darah dan okdigen ke jantung.Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung koroner ini disebabkan oleh adanya timbunan lemak pada pembuluh darah arteri di sekitar jantung yang membentuk plak . Pembuluh arteri koroner merupakan media untuk mensuplai darah ke otot-otot jantung. Hal ini disebut dengan arteriosklerosis.

Hal yang paling fatal adalah apabila timbunan lemak yang membentuk plak terus dibiarkan akan mengakibatkan perkembangan dan jumlah lemak serta timbunan plak semakin banyak dan dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang tentunya hal ini mengakibatkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot-otot jantung. Penyakit jantung koroner memiliki faktor seperti usia, jenis kelamin, riwayat genetik dan ras. Serta faktor lainnya yang mencakup kolesterol tinggi, merokok, penyalahgunaan substansi dan masalah berat badan. Tanda tanda sakit jantung seperti nyeri dada, nafas yang terengah-engah, keletihan yang dirasakan setelah melakukan kegiatan fisik, merasa berat, jantung terasa seperti diremas remas.

2. Penyakit jantung cacat kongenital atau penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan paling banyak dialami oleh bayi yang baru dilahirkan atau beberapa bulan setelah bayi dilahirkan. Kelainan jantung yang dialami sejak bayi banyak ditemukan adanya lubang kecil (kebocoran jantung). Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung yang satu ini aorta yang seharusnya keluar dari bilik kiri jantung keluar dari bilik kanan jantung. Akibatnya darah kotor mengalir ke seluruh tubuh dan darah bersih kembali lagi ke paru.

Penyakit jantung bawaan ini diakibatkan oleh faktor keturunan (ggenetika), infeksi virus tertentu padabayi dan penggunaan obat-obatan kimia tertentu ketika ibu dalam masa kehamilan yang kemudian memberi efek buruk terhadap janin dan perkembangan serta pertumbuhan bayi. Bayi yang mengalami penyakit jantung bawaan ini mudah dikenali dengan adanya gejala pada permukaan kulit bayi terdapat warna kebiru-biruan di bagian-bagian tertentu, akibat sel-sel di bawah kulit tersebut kekurangan oksigen.

Tanda tanda sakit jantung yang ditunjukkan dari penyakit jantung bawaan ini seperti ujung-ujung kuku, lidah, bibir anak yang berwarna biru. Hemoglobin (Hb) yang tinggi (lebih dari 20). Sedangkan menurut ilmu kedokteran hemoglobin yang normalnya adalah 14. Bayi sulit untuk menyusu dan selalu rewel. Anak yang memiliki penyakit jantung bawaan akan mudah untuk tertular penyakit sehingga berat badan tidak naik-naik karena sering terserang penyakit.

3. Kesalahan fungsi katup jantung

Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung lainnya adalah kesalahan fungsi katup jantung. Kesalahan katup jantung ini terjadi akibat tidak berfungsinya katup-katup jantung dengan baik. Ketika katup jantung tidak bekerja dengan baik, mekanisme memompa darah keluar dari jantung sehingga menyebabkan kerja dari memompa darah keluar dari jantung dan kembalinya darah ke jantung akan terganggu dan menyebabkan pasokan oksigen ke bagian tubuh lainnya tidak proposional. Umumnya kesalahan fungsi katup jantung ini terjadi pada mereka yang berusia lanjut yang dapat dipicu dari berbagai faktor penyebab seperti infeksi jaringan penghubung, hipertensi, rematik, dan proses penuaan. Kesalahan tang terjadi pada katup jantung dapat dideteksi dengan menggunakan stetoskop. Tanda tanda sakit jantung pada katup yang lemah ketida terdeteksi dengan stetoskop akan terdengan suara ekstra diantara dua detak jantung yang normal dengan biasanya. Gangguan ini dapat diatasi dengan melakuka operasi katup jantung.

4. Aritmia

Aritmia merupakan Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung. Aritma merupakan gangguan pada jantung yang ditandai dengan tidak normalnya irama detak jantung. Aritma disebabkan karena tidak normalnya kontraksi otot-otot ke jantung. Aritmia akan tampak lebih buruk apabila terjadi aritmia pada ventricle dapat mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah.

Beberapa orang yang mengalami tanda tanda sakit jantung jenis aritmia dapat disembuhkan dengan melakukian terapi obat-obatan. Adapun jenis terapi obat-obatan yang disarankan untuk penderita penyakit jantung jenis aritmia antara lain adalah digitalis, propanolol, dan disopyramide.

5. Gagal jantung

Jenis – Jenis Gangguan Penyakit Jantung yang terakhir adalah gagal jantung yang  merupakan kondisi tidak berfungsinya jantung, yakni ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dengan volume yang sesuai seperti yang diperlukan oleh tubuh. Mereka yang mengalami penyakit gagal jantung ini umumnya akan merasakan beberapa gejala seperti kesulitan bernapas, pembengkakan hati dan sendi.

Beberapa cara untuk mencegah tanda tanda sakit jantung muncul dengan:

  • Berjemur dibawah sinar matahari pagi yang mengandung Vitamin D yang baik untuk jantung anda.
  • Berolah raga kurang lebih selama 2,5 jam dalam seminggu dapat melatih kinerja jantung.
  • Mengkonsumsi makanan laut seperti ikan yang mengandung asam omega 3.
  • Tidur yang cukup dengan waktu ideal 7 hingga 8 jam setiap malamnya.
  • Berusaha mengilangkan stress dengan tidak memendam fikiran yang berat sendirian.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Sakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>