Tanda Tanda Sakit Jantung

Salah satu tanda tanda sakit jantung adalah di dalam rongga jantung terdapat dinding sekat yang memisahkan ruang-ruang dalam rongga tersebut menjadi serambi-serambi dan bilik-bilik kanan dan kiri. Dinding jantung memiliki lapisan utama yang berupa otot yang kuat dan tebal yang disebut mycocardium.

Jantung terletak dalam rongga dada bagian kiri agak ke tengah, tepatnya di atas sekat diapragma yang memisahkan rongga dada dengan rongga perut. Rongga tersebut dikelilingi oleh tulang iga dan tulang belakang. Dibawah jantung di dalam rongga perut, terdapat kantong nasi. Di sebelah kiri dan kanan jantung terdapat kedua paru-paru.

Pada dasarnya jantung adalah alat tubuh yang befungsi sebagai pemompa darah yang sejak bayi dalam kandung ibunya telah mulai bekerja dan tidak akan berhenti selama hidup kita. Jika alat ini berhenti beberapa menit saja, berakhirlah hidup ini.

Adapun beberapa tanda tanda sakit jantung adalah :

1. Angina

Angina merupakan rasa nyeri yang sering dirasakan di bagian dada seperti tertekan. Angina terjadi disebabkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke toto jantung. Biasanya diikuti oleh gejala lain seperti pusing, letih yang berkepanjangan, mual, berkerigat dingin dan sesak napas.

2. Aritimia

Aritimia merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang tidak normal).

Gejala-gejala tesebut dapat menjadi peringatan awal akan resiko sernagn jantung. Sayangnya mereka yang mengalami tanda-tanda sakit jantug sering kali menanggapinya sebgaai hal yang biasa atau seperti gejala masuk angin. Inilah yang membuat pertolongan pertama menjadi terhambat dan sangt merugikan yang berakibat fatal pada penderita itu sendiri.

Ketika tanda-tanda sakit jantung itu muncul, otot-otot jantung seperti akan mati, seperti tertekan oleh benda yang keras, seakan otot jantung mati seketika seperti tidak mendapatkan darah. Otot jantung tidak dapat mengalami regenerasi seperti otot tubuh lainnya.

Jika tanda sakit jantung seringkali diabaikan dan tidak segera ditangani, maka semakin banyak kerusakan yang akan terjadi ada tiap bagian organ jantung secara permanen, hal yang fatal terjadi adalah kematian.

Mengetahui sejak dini kondisi jantung dan merasakan adanya tanda-tanda sakit jantung merupakan tindakan bijak sebagai kewaspadaan dari serangan sakit jantung yang mungkn datang secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Penyakit jantung merupakan jenis penyakit berbahaya yang banyak menelan korban jiwa di Indonesia terutama banyak terjadi pada pria yang aktif dalam merokok dan pola hidup yang tidak sehat.

Gejala atau tanda tanda sakit jantung lainnya seperti:

1. Kelelahan yang sangat lelah

Anda akan mengalami kelelahan yang sangat lelah hingga lebih dari 70 persen yang akan terjadi berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum serangan penyakit jantung muncul. Seluruh tubuh anda akan terasa lemah yang muncul secara tiba-tiba, bahkan anda tidak mampu untuk mengangkat barang-barang tertentu yang sebenarnya tidak terlalu berat bebannya dalam keadaan normal.

2. Berkeringat dingin saat malam hari

Bangun dari tidur di tengah malam dengan bercucuran keringat dingin dapat menunjukkan tanda tanda sakit jantung. Juga, perhatikan jika anda bangun dengan tiba-tiba dan lalu segera berkeringat. Banyak serangan jantung terjadi saat bangun karena pelepasan biokimia ke dalam aliran darah. Mengeluarkan keringat pada saat tidur malam maupun siang tidak selalu menunjuk masalah jantung, namun hati-hati, jika anda sering mengalami keringat dingin saat malam itu berarti menunjukkan adanya tanda tanda sakit jantung.

3. Kerisauan atau kecemasan dan stress

Masalah stress adalah memang sudah diketahui puncak utama serangan penyakit jantung. Menurun informasi dari para wanita-wanita yang pernah diserang tanda tanda sakit jantung akan sangat lebih mudah berasa risau yang terlampau, stress dan keliru, lebih dari yang dirasakan biasanya. Beberapa saat sebelum diserang serangan jantung, wanita-wanita ini sedar yang mereka mengalami saat genting “kesedihan melampau”, di mana mereka tahu something’s wrong dan mereka dah tak dapat berharap untuk memperbaiki keadaan dan diorang itu sendiri tak tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya.

4. Gangguan pada jam tidur

Gelisah dan rasa tidak mampu untuk benar-benar tidur dengan lelap bisa menjadi tanda tanda sakit jantung. Gejala ini juga dilengkapi dengan kelelahan yang anda rasakan pada siang hari, yang dapat menjadi tanda serangan jantung. Beberapa pasien yang terserang penyakit jantung bangun dengan rasa sakit atau rasa tidak nyaman pada kedua bagian lengan, leher, perut, dan punggung. Gejala yang dirasakan sepertpi ini dapat dengan mudah datang dan pergi.

Untuk mencegah adanya tanda tanda sakit jantung dalam diri antara lain:

– Dengan melakukan olahraga yang rutin setiap hari selama 30 menit. Dengan memilih olahraga yang anda gemari dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh anda dan mampu mengurangi resiko munculnya tanda tanda sakit jantung.

– Mengecek kadar nilai HDL baik. Disarankan untuk wanita untuk meningkatkan nilai HDL hingga pada nilai 50 karenan untuk wanita nilai HDL yang tinggi lebih bagus dari pada nilai HDL rendah dan angka 50 itu sudah termasuk bagus.

Mengontrol tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil dalam angka 115/75. Tekanan darah sangat penting untuk mengurangi tanda tanda skait jantung.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda Tanda Sakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>